Selasa, 23 Oktober 2012

Tips Memilih Bra (Perawatan Payudara Part 2)




Penting bagi wanita memilih bra atau penutup dada yang nyaman. Selain untuk kesehatan payudara itu sendiri, pemilihan bra yang nyaman dan benar bisa menunjang penampilan dalam berbusana. Karena bra ibarat pondasi atau dasar busana untuk wanita. 

Dari segi kesehatan, memilih bra yang benar dapat menghindari kita dari kerusakan payudara atau mencegah masalah seperti iritasi dan sesak nafas karena pemilihan bra yang tidak tepat. Dari segi estetika, memilih bra yang benar dan nyaman akan membantu menyangga dan menjaga bentuk, ukuran dan tekstur keindahan payudara. Berikut ini tips memilih dan memakai bra yang nyaman dan tepat untuk penggunaan sehari-hari:

1. Periksa bagian bawah bra. Bagian tersebut harus menyangga payudara tetap ditempatnya dan juga membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda sulit atau tidak dapat menggerakkan jari Anda di bagian bawah bra, sebaiknya cari bra dengan ukuran yang lebih besar. Peredaran darang kurang lancar jika kita memakai penutup dada yang ketat.

2. Jangan mengenakan bra yang kecil hanya untuk memberi ilusi belahan dada. Ini bisa menyebabkan kerusakan dan memar pada jaringan payudara yang sensitif.

3. Pilih bra dengan ukuran cup yang bisa menampung seluruh payudara (tidak membuat payudara menyembul di bagian atas atau bawah, dan tidak menyembul di sisi kiri atau kanan. Sehingga Anda merasa lebih nyaman, dan terlihat bagus saat mengenakan busana.

4. Saat memilih bra, cek underwire-nya. Sebaiknya underwire (kawat penyangga) harus pas dengan tulang rusuk dan tidak membuat kulit payudara lecet. Selain itu underwire sebaiknya tidak mencapai daerah dekat ketiak.

5. Gunakan bra dengan tali yang agak lebar, kokoh (tidak mudah melar) namun tetap nyaman di pundak sehingga bisa menopang beban dengan baik. Terutama wanita yang memiliki payudara besar, harus benar-benar memperhatikan tali beha untuk menyangga payudara. Tali bra sebaiknya rata dengan tulang rusuk dan tidak menekan dan menusuk bagian depan. Untuk menopang berat payudara, sebaiknya membeli bra yang memiliki tali belakang yang letaknya lebih rendah pada bagian belakang.

6. Pilih bra berbahan katun atau serat mikro yang nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, karena bahan tersebut mengikuti kontur tubuh dan berpori-pori sehingga kulit bisa leluasa bernafas.

7. Pilih Bra Berdasarkan Bentuk & Ukuran Payudara
- Payudara Mungil
Pemilik payudara mungil bisa memilih push up bra yang didesain untuk mengangkat payudara dan lebih membentuk cleavage (lipatan di tengah) payudara. Bra jenis ini mengangkat payudara dengan padding yang biasanya terbuat dari busa.
Bisa juga menggunakan padded bra, yang terdiri dari padding busa di dalam cup-nya. Bra jenis ini Didesain khusus untuk memberikan ilusi dada lebih berisi bagi wanita berpayudara mungil.
- Payudara Sedang, Bulat dan Padat
Pemiliknya disarankan memilih bra dengan kawat penyangga (underwire) sehingga tidak mudah kendur atau turun, dan dengan tali atau strap yang cukup lebar. Hindari cup busa atau yang ber-padding, sehingga tampilan payudara lebih besar dari aslinya.
- Payudara Besar dan Bulat 
Pilih bra dengan lingkar cup yang nyaman. Memiliki kawat penyangga dan bertali besar agar payudara tidak mudah kendur. Hindari memilih bra dengan padding yang tebal, bermangkuk mancung dan banyak renda, karena membuat payudara terkesan lebih besar dari aslinya. Pilih full cup sehingga bisa semua bagian payudara.
- Payudara Panjang dan Oval
Pilih bra dengan kawat penyanggah, cup berpadding di bagian bawah untuk menyangga payudara. Bra bermangkuk membuat tampilan payudara lebih bulat, berisi, dan membungkus payudara lebih baik.

sumber: felancy-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar