Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat Oatmeals Bagi Tubuh




Saat ini, banyak sekali ahli gizi serta ahli kesehatan menyarankan pengkonsumsian oatmeals dalam keseharian kita. Memasukan menu oatmeal di dalam daftar makanan sehat kita merupakan alternatif yang tepat dalam menjaga hidup sehat.

Sebelum menolak untuk mengkonsumsi oatmeals setiap hari, akan lebih baik bagi kita untuk memahami terlebih dahulu manfaat oatmeal bagi tubuh dan kesehatan kita. Adapun berbagai manfaat oatmeals bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara baik dan teratur, antara lain:

1. Penangkal Resiko Hipertensi
Kandungan serat dalam oatmeal sangatlah tinggi. Serat tersebut dapat membantu menurunkan resiko hipertensi serta serangan jantung. Selain itu, wanita cukup perlu mengkonsumsi oatmeal sebagai sumber serat karena wanita memiliki resiko tinggi terhadap hipertensi terutama menjelang menopause.

2. Kaya akan Antioksidan
Kandungan anti oksidan di dalam oatmeal sangat lah tinggi. Jenis antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada tubuh. Dengan konsumsi oatmeal secara teratur mampu meningkatkan kondisi tubuh dan meningkatkan kinerja kolesterol baik.

3. Pencegah tumbuhnya Sel Kanker
Berdasarkan penelitian, oatmeal dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh, terutama sel kanker dalam payudara. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan serat di dalam oatmeal. Dengan menkonsumi oatmeal secara teratur tiap harinya semenjak dini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan resiko terhadap penyakit kanker.

4. Penurunan kolesterol
Serat larut yang terdapat di dalam oatmeal dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu mengkonsumsi oatmeal secara teratur dapat menghambat dampak buruk dari kolesterol jahat.

5. Pencegah Aterosklerosis
Selain mencegah penyakik jantung, kolesterol, serta pertumbuhan sel kanker, oatmeal juga dapat mencegah aterosklerosis, yaitu pengerasan atau penyempitan pembuluh arteri. Hal ini disebabkan oleh tingginya antioksidan dalam oatmeals. Manfaat ini akan didapatkan secara maksimal bagi kesehatan kardiovascular dengan mengkombinasikan oatmeal bersama vitamin C. Hal ini dapat diperoleh dari konsumsi oatmeal yang dicampur dengan strawberry sebagai sumber vitamin C.

6. Pencegah Diabetes
Selain berbagai manfaat diatas, oatmeals juga dapat dikonsumsi sebagai upaya pencegahan terhadap diabetes. Selain serat dan antioksidan, oatmeals juga kaya akan magnesium. Zat ini akan membantu kita tubuh dalam pengaturan glukosa serta insulin. Untuk manfaat yang lebih besar, kita dapat mengkonsumsi oatmeal yang dicampur atau dikombinasikan dengan susu rendah lemak. Kombinasi ini akan bekerja efektif sebagai pencegah dan penurunan diabetes.

7. Pencegah Obesitas
Dengan kandungan seratnya, oatmeal dapat menjadi sarana dan menu diet yang tepat. Konsumsi oatmeal dengan porsi yang tepat setiap hari akan cukup membantu badan memiliki berat yang proporsional.

sumber: perempuan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar