Kamis, 04 Oktober 2012

Merawat Kuku dengan Bahan Alami



Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kuku adalah cermin kepribadian. Kuku yang tidak terawat atau kotor bisa menggambarkan bahwa pemiliknya jorok atau kurang panda merawat diri. Untuk menjaga agar kuku anda selau cantik, bisa dilakukan perawatan yang dinamakan manicure dan pedicure. Tak selamanya manicure dan pedicure dilakukan di salon. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain murah, bahannya pun mudah ditemui di dapur Anda.

1. Kunyit
Berfungsi menghilangkan bau kuku yang kurang sedap. Campur parutan 1 buah kunyit dengan satu sendok minyak kelapa dan oleskan pada kuku. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bersihkan kuku dengan air hangat, dan lap hingga kering.

2. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh sangat baik untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku sekaligus menguatkannya. Potong belimbing wuluh melintang menjadi jadi dua bagian, kemudian gosokkan daging buahnya ke sela-sela kuku hingga bersih.

3. Jeruk nipis
Jenis jeruk ini dapat membuat kuku terlihat bersih dan cemerlang. Gosokkan jeruk nipis yang sudah diiris pada kuku selama beberapa menit hingga terlihat bersih.

4. Bawang Putih
Bawang putih bermanfaatkan menguatkan lapisan keratin kuku, sehingga tidak mudah patah. Caranya, kupas bawang, haluskan, kemudian oleskan pada kuku yang rapuh. Setelah selesai cuci bersih kuku dengan air biasa. Apabila anda kurang suka dengan aromanya, bisa anda oleskan air jeruk nipis. Akan lebih terasa khasiatnya bila dilakukan sesering mungkin.

Perlu diperhatikan juga beberapa hal yang dapat merusak kuku sehingga anda tentu sebisa mungkin menghindarinya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
- Jangan gunakan kuku untuk melakukan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan gunting, seperti misalnya mencabut straples.
- Jangan potong kuku jika sudah pendek.
- Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.
- Jangan mengigiti kuku.
- Jangan gunakan tangan Anda untuk bersentuhan dengan ditergen terlalu lama.
- Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus cat kuku. Namun gunakan cairan penghapus cat kuku yang bebas aseton agar kulit tidak kering.

Sumber: conectique.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar