Kamis, 13 September 2012

Rambut Rontok? No Way!

Dilansir Livestrong, Senin (29/11/2010), berikut beberapa nutrisi terbaik sebagai perawatan dari dalam untuk mengatasi rambut rontok:

1. Telur dan ayam
Asam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memberikan protein seperti daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur. Unggas dan telur merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.
Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ayam dan telur merupakan produk makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.

2. Ikan dan lemak omega-3
Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, seperti salmon, sarden, halibut dan mackerel. 

3. Daging sapi, tiram dan kacang-kacangan
Daging sapi dan moluska terutama tiram, adalah sumber makanan yang terbaik dari zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan mete juag kaya protein dan zinc. Selain itu, alpukat dan minyak zaitun juga kaya vitamin E dan dapat mempromosikan rambut sehat.

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kol dan lobak Swiss, kaya akan zat besi, dan vitamin A dan vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin A dan C untuk menghasilkan sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut. Sebum bertindak sebagai conditioner alami untuk rambut Anda

Sedangkan untuk merawat rambut rontok dari luar dapat digunakan:

1. Air Teh
Gunakan air teh yang sudah direndam semalaman untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Pijatlah kepala secara perlahan agar air teh meresap kedalam kulit kepala. Setelah beberapa menit, bilas hingga bersih. Lakukanlah perawatan dengan penyubur rambut ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Lidah Buaya
Ambil lidah buaya kemudian gunakan dagingnya dengan cara dioleskan ke kulit kepala. Biarkan hingga mengering lalu bilas sampai bersih. Penyubur rambut ini dapat dilakukan 3 kali seminggu.

3. Daun Seledri
Ambil beberapa tangkai daun seledri. Kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, tunggu beberapa menit dan bilas. Perawatan dengan penyubur rambut yang ini dapat dilakukan setiap hari.

Semoga bermanfaat :)

Sumber: detikhealth.com dan berbinarbinar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar