Jumat, 28 September 2012

Cegah Pemicu Garis-Garis Halus/Keriput Kulit



Seiring bertambahnya usia, maka kulit akan semakin berkurang elastisitasnya sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis halus atau keriput. Hal ini tentu tidak dapat dicegah sepenuhnya, namun dapat diperlambat jalannya. Untuk memperlambat timbulnya garis-garis halus atau keriput, Anda perlu mencegah segala sesuatu yang dapat mempercepat kemunculannya. Apa saja yang mempercepat timbulnya keriput?

1. Merokok
Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia termasuk racun. Dari tiap isapan, zat-zat itu juga akan merusak kolagen dan elastin yang memberi kulit kekenyalan dan elastisitasnya. Akibatnya, kulit perokok terlihat kendur dan keriputnya lebih dalam. 

2. Kurang Tidur
Tidur adalah waktu yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dan meremajakan kulit. Oleh karenanya kekurangan tidur bisa membuat seseorang terlihat lelah dan kulit wajahnya tampak kusam, terdapat lingkaran gelap di bawah mata, mata terlihat sembab, bahkan memperlihatkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di wajah.

3. Kurang Minum Air Putih
Air putih tentunya sangat menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya tubuh, bagi kulit pun air mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat. Kurangnya minum air putih, dapat mengakibatkan tubuh menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. 

4. Kurang Vitamin
Vitamin merupakan pendukung yang penting bagi regenerasi sel-sel kulit. Selain itu vitamin juga merupakan penangkal radikal bebas sebagai penyebab utama keriput. Vitamin tentunya banyak terdapat pada buah dan sayuran. Wortel, tomat, ubi jalar ungu/orange, brokoli, dan labu merupakan sumber nutrisi paling baik untuk kulit keriput.

5. Stress
Ada korelasi langsung antara stres dan penuaan kulit. Stres membuat tingkat hormon kortisol meningkat (hormon ini sering kali disebut sebagai hormon stress). Dengan meningkatnya kortisol, maka akan merusak kolagen dan menyebabkan peradangan pada sel kulit. Hasilnya, muncul jerawat dan keriput dini di wajah.

6. UV
Sinar ultraviolet memberikan pengaruh yang besar terhadap kerusakan kolagen dan jaringan elastin. Kolagen dan elastin merupakan jaringan pada kulit dermis yang bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar