Kamis, 06 September 2012

Menghilangkan Bekas Jerawat dan Luka



Noda hitam bekas jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan proses regenerasi kulit. Untuk membantu proses tersebut, dari dalam dapat dibantu dengan asupan vitamin E. Sedangkan dari luar dapat dioleskan jeruk nipis, madu, minyak zaitun, atau lendir lidah buaya. Hal ini juga berlaku untuk bekas luka. Dapat juga digunakan salep penghilang bekas luka yang telah dijual di apotek, namun harganya tentu tidaklah murah.

Untuk bekas jerawat yang berupa bopeng bisa dikurangi dengan teknik microdermabrasi di mana Anda membutuhkan bantuan dokter dan tentunya perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan tersebut. Cara alami yang dapat digunakan adalah dengan melakukan scrub pada kulit secara teratur. Hal ini sama dengan mekanisme microdermabrasi yakni meremajakan kulit dengan cara mengikis sel-sel kulit mati. Namun tentu microdermabrasi akan memberikan hasil yang lebih cepat, sedangkan scrubbing membutuhkan ketelatenan karena untuk melihat hasilnya butuh waktu lama.

Sebagai terapi pendukung, hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
1. Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan gula
Lemak dan gula yang berlebihan dan kemudian mengendap dalam darah akan diubah menjadi darah kotor sehingga akan terjadi pembuangan darah kotor lewat timbulnya jerawat di wajah. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak dan gula, seperti soft drink, coklat, makanan pedas, makanan bersantan, kacang-kacangan, gorengan dsb. Banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin A, C dan E serta yang mengandung antioksidan yang terdapat pada buah apel, daun kemangi, daun seledri, tomat, alpukat, buah dan sayuran lainnya.

2. Rajin berolahraga
Olahraga pada hakikatnya selain dapat menyehatkan tubuh. Olahraga juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, kotoran dan sisa-sisa pembakaran metabolisme yang tidak bermanfaat untuk tubuh serta proses detoxitasi berjalan lancar. Sehingga darah-darah kotor dalam tubuh keluar bersama dengan keringat.

3. Perbanyak minum air putih
Selain berolahraga dan bila di imbangi dengan menyeimbangkan konsumsi air putih minimal 8-10 gelas atau setara dengan 1,5 – 2 liter per hari bahkan lebih tergantung dari kebutuhan akan cairan dalam tubuh. Jerawat akan berangsur-angsur menghilang dan membuat wajah sehat berseri alami dan tampak terlihat segar.

4. Menghindari stress
Faktor psikologis seperti stress akan memicu timbulnya jerawat dengan mudah. Untuk itu senantiasa Anda untuk selalu menjaga dan mengatur perasaan atau mood Anda dari suasana hati Anda. Cobalah untuk menikmati hidup apa adanya, hibur lah hati Anda dan mereflesikan diri dan pikiran Anda sejenak dari rutinitas dan kepenatan.

5. Jangan memencet jerawat
Jangan pernah memencet jerawat, karena hanya akan membuat permukaan kulit yang berjerawat bertambah lebar dan timbul bekas jerawat yang menghitam. Selain itu membuat wajah terlihat seperti bopeng, membuat tekstur atau kulit wajah menjadi kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar