Minggu, 25 November 2012

Kenali Tanda Kadaluarsa Kosmetik


Kadang tanpa disadari, meja dan tas make up penuh dengan berbagai produk, yang mungkin tidak selalu penting. Diskon besar-besaran yang diberikan brand-brandkosmetik menjadi godaan terbesar yang memaksa kita untuk membelanjakan uang atas nama kecantikan. Setelah membeli biasanya kita hanya menggunakannya beberapa kali, dan kemudian tidak memaka
inya lagi. Padahal kosmetik juga mengenal batas kadaluarsa.

Selain berpatokan pada tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan atau pada masa kadaluarsa kosmetik secara umum, berikut ini adalah ciri-ciri kosmetik yang sudah kadaluarsa alias tak layak pakai:

1. Maskara
Bagian dalam tabung maskara yang hitam dan lembab merupakan tempat yang subur bagi perkembangbiakan bakteri. Jika aroma maskara sudah berubah atau mulai tercium seperti aroma gas, segera buang.

2. Foundation
Menurut laman All Womens Talk, sebagian besar foundation berbahan dasar air hanya dapat bertahan hingga satu tahun, sementara foundation berbahan dasar minyak tahan hingga dua tahun. Hentikan penggunaan jika tekstur dan warnanya sudah berubah dari saat pertama kali dibeli.

3. Concealer
Walaupun fungsinya untuk menyamarkan noda, tapi tanda-tanda kadaluarsa concealer tentu tidak bisa tersamar. Perhatikan perubahan warna dan tekstur. Concealer berbentuk stick biasanya tahan hingga dua tahun, sementara liquid concealer berusia maksimal setahun.

4. Lipstik
Berlawanan dengan mitos yang populer, mengenali tanda-tanda kadaluarsa pada lipstik tidak semudah yang dibayangkan. Jika lipstik sudah terasa kering, teksturnya berubah, dan aromanya tidak sedap, hentikan penggunaannya. Dua tahun adalah usia maksimal lipstik.

5. Eyeliner
Tak peduli berapapun usia eyeliner, lebih baik beli yang baru jika eyeliner sudah mengering, menggumpal, atau muncul titik putih pada ujungnya.

6. Blush on dan eyeshadow
Tanda-tanda blush on dan eyeshadow kadaluarsa adalah perubahan tekstur dan munculnya warna keabu-abuan pada produk. Blush on powder usianya lebih panjang daripada blush on berbentuk krim. Untuk memperpanjang usia, pastikan kuas aplikator selalu dalam keadaan bersih sebelum digunakan.

Sumber: life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar